Pagi semua!! Hari ini saya merasa tertipu, berangkat ke kampus jam 9 ternyata masuk jam 1, dan parahnya cuma saya sendiri yang gak tau kalo jadwalnya emang udah ganti, Plak (kenapa malah curhat) he~ Ya udahlah gak papa ambil positifnya aja. Emang ada?! Ya ada dong, positifnya jadi saya bisa posting tips mencegah serangan cyber ini, hehe..

Bagi yang belum tau betul dampak serangan ini pasti menganggap ini masalah sepele, tapi anda wajib khawatir karena banyak hal merugikan yang dapat diakibatkan serangan Cyber ini. Misalnya pencurian password, masuknya virus, malware dan spam.

Dan yang paling parah adalah pencurian identitas. Bisa dibayangkan bahayanya orang yang dapat menggunakan identitas kita untuk melakukan aksi kejahatan. Maka dari itu kita perlu mengetahui hal-hal apa saja yang dapat kita lakukan untuk terhindar dari serangan cyber, berikut adalah beberapa tips yang dapat kita praktekan:

1. Kunci komputer serta berbagai akun dengan password yang kuat, serta PIN empat digit yang unik pada telepon seluler.

2. Jangan lakukan pembayaran tagihan, transaksi bank, belanja atau kegiatan bisnis penting lainnya melalui perangkat komputer milik umum, atau dari laptop dan ponsel melalui jaringan Wi-Fi yang terbuka untuk umum (misalnya hotspot).

3. Waspadai para pengintai. Berbagai cara telah dibuat orang untuk mencium jejak password, PIN, user name atau sejenisnya melalui ketikan jari atau sentuhan pada layar saat Anda memasukkan data.

4. Berhati-hati dengan pesan atau e-mail yang mencurigakan. Hindari berbagai tawaran yang tampak berlebihan, dan waspadai pengirimnya, meskipun pesan tersebut tampak seolah-olah berasal dari seseorang atau sumber yang dapat dipercaya.

5. Perhatikan tanda-tanda pada laman Web yang menunjukkan bahwa laman tersebut aman dan dapat dipercaya. Sebelum memasukkan data yang sensitif, periksa kembali petunjuk enkripsi (misalnya alamat Web dengan “https” atau logo gembok terkunci di sudut kanan bawah tampilan situs).

6. Kurangi spam dari inbox. Jangan berikan alamat e-mail utama atau instant messaging kepada orang tak dikenal atau lembaga yang tidak diketahui reputasinya. Hindari menampilkan data tersebut dari laman jejaring sosial, atau direktori Internet (misalnya white pages) atau situs lowongan kerja.

Oke saya rasa hal tersebut yang dapat kita lakukan, jika ada tambahan silakan isi di kolom komentar nanti akan saya lengkapi. Dan ingat!! Serangan cyber terjadi tidak hanya pada pc/laptop tapi juga pada perangkat lain seperti handphne dll..

sumber

Comments
  1. kaskus_mania says:

    kalo trik untuk menghindari logger gimana gan?

    • cukup mudah sebenernya, kita cukup rutin update aja antivirus kita kalo sy sarankan pake avast aja, kenapa avast? karena dengan produk avast yang free aja kita udah dapat banyak fitur yang berguna buat kita dan salah satunya itu web protection. logikanya orang yang ingin menjebak korban dengan logger menggunakan internet sebagai media penyebaranya jadi kita bakalan terlindungi dari ancaman logger.

  2. fosirodi says:

    ok deh gan terus gimana cara buat password yang kuat?🙂

  3. aminudin81 says:

    mantab gan infonya tapi ane msih blum tau cara mengetahui email yg spam gimana gan?

  4. cara says:

    Thanks infonya gan

  5. UCEF says:

    thank banget gan . . .semoga semakin bertambah postingan nya😀

Silakan Komentar Jika Kurang Jelas

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s