Linux memang merupakan sistem operasi yang menurut saya paling keren deh, emang kenapa? Ya apalagi alasanya kalo bukan karena  linux ini merupakan produk open source. Emang kenapa kalo open source? Ya pake nanya gitu, ya namanya juga open source jadi gak ada deh yang namanya hack/patch/crack software kaya di windows, hehe..

Tapi kali ini yang saya bukan mau bahas tentang software linux tapi tentang cara membuat linux versi kita sendiri. Emang bisa? Ya bisa dong, namanya juga open source jadi kita juga bebas memodifikasi atau bahasa kerenya remastering linux versi kita sendiri🙂

Tapi sebelum itu saya mau bahas dulu tentang software yang nantinya akan kita gunakan dalam proses remastering linux, yaitu Remastersys. Sebenarnya banyak cara yang bisa kita gunakan untuk remastering tapi saya mau bahas yang versi gampangnya aja, maklum newbie, hehe..

Cara kerja remastersys adalah dengan mem-backup ubuntu yang telah terinstall di computer. Sehinnga penggunaanya sangat mudah  hanya dengan jalankan program remastersys kemudian pilih backup lalu tunngu beberapa saat hinnga proses backup selesai, lalu akan terbentuklah file .iso yang tingal di bakar.

Persiapan sebelum remastering:
1. Instal Linux ubuntu di luar windows, jangan mencoba remastering menggunakan instalan linux WUBI, karena di jamin mau jungkir balik tetep GAK BISA!!
2. sebelum melakukan remasterin, Update dulu ubuntunya!
3. Folder Home harus ada minimal kosong +/- 3 GB, gak boleh kurang!

Setelah itu semua persyaratan di atas terpenuhi, baru boleh lanjut baca cara menginstal remastersys.

Cara Install Remastersys:
1. Buka terminal
2. download remastersy.deb versi remastersys_2.0.17-1_all.deb di sini
3. setelah selesai instal, klik 2 kali pada file instalan remastersys_2.0.17-1_all.deb
4. maka muncul package instaler, klik install package.
5. Tunggu sampe proses selesai
6. Remastersys sudah terinstal, lihat di Applications-System Tools-Remastersys

Karena remastersy adalah backup an ubuntu kita, maka sebelum melakukan remastering, percantik ubuntu kita. Ganti themes, wallpaper dan tambahkan aplikasi yang kita sukai. Ingat, themes dan walpaper sudah anda taruh di folder system ubuntu anda. Setelah semuanya beres, saatnya melakukan remastering.

1. Buka terminal

2. Ketikan command ini di terminal satu per satu

sudo -s

cp -Rf .config/ .gconf/ .gnome2/ .gconfd/ .local/ .nautilus/ .mozilla/ /etc/skel/

cp -Rf .config/ .gconf/ .gnome2/ .gconfd/ .local/ .nautilus/ .mozilla/ /root/

cd /etc/skel

chown -R root:root .config/ .gconf/ .gnome2/ .gconfd/ .local/ .nautilus/ .mozilla/

cd /root

chown -R root:root .config/ .gconf/ .gnome2/ .gconfd/ .local/ .nautilus/ .mozilla/

command tersebut berfungsi untuk mengangkat semua konfigurasi dari suatu aplikasi, misalnya .gconf/ ini bisa berfungsi untuk mengangkat semua konfigurasi dari gconf kita, dimana pada gconf ini sudah termasuk pada theme, panel, background dan yang lainnya yang terdapat pada pegaturan gconf, kemudian local untuk konfigurasi pada lokal, misalnya untuk mengankat main menu kita yang kita tambahkan sendiri, maka akan terangkat dan ingat pula jika mengkopi ini maka pengaturan internet kita juga akan terbawa.Semua konfigurasi tersebut ada di home folder kita dan kita akan kopikan ke /etc/skel dan /root, dikarenakan pada casper akan mengakses kedua folder tersebut.Jika kita telah melakukan hal tersebut, maka kita telah siap untuk mendistribusikan ulang ubuntu kita. (apabila kita tidak melakukan hal tersebut, maka hasil remaster nanti akan sama persis dengan ubuntu asli, bukan kemauan kita).

3.Untuk melakukan remastering, ketikan command berikut:

sudo remastersys dist

untuk mendistribusikan ulang dari system kita dan langsung akan terbentuk .iso
Tunggu prosesnya sampai selesai, membutuhkan waktu 30-45 menit, dan biasanya file iso akan membengkak menjadi 1 GB lebih, karena sudah ada aplikasi yang terinstal. Remastering saya ajah, ukuran filenya 1,2 GB hehehehehe…

Setelah remastering selesai, jangan close terminalnya dulu. Check file iso nya di file system home/remastersys/remastersys file iso terdapat di luar, copy file iso di folder pilihan anda, atau simpan di flashdiksk.

4. Sekarang bersihkan file yang tadi dengan mengetik command:

sudo remastersys clean
Note: Untuk remastering pertama kali, anda harus terhubung dengan internet, dan untuk remastering berikutnya baru tidak membutuhkan koneksi internet
Okeh jika semua proses telah selesai tinggal kita lihat hasil remaster linuxnya di virtual box, selamat mencoba🙂
Comments
  1. miza_20 says:

    virtual box itu apa ya?

    • jadi penjelasan singkatnya gini, jadi virtual box itu software yg bsa kita gunakan utk melakukan simulasi instalasi os, tanpa perlu merubah partisi hardisk kita. jadi kita bisa coba instal berbagai os, biasanya sih sya pake buat coba linux jadi kalo gak cocok gak usah diinstall deh, he~

  2. lola_00 says:

    selain remaster sys ada cara lain ga?

Silakan Komentar Jika Kurang Jelas

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s