uninstall-ubuntu

Hai semua pembaca setia blog Portal Hacker, udah lama banget gak ada postingan baru ini maklum admin lagi sibuk di dunia nyata, he~ Oke kali ini saya mau bahas tentang Linux.  Tapi bukan bahas tentang cara instalasi linux yah, justru saya bahas tentang cara uninstall linux dual boot dari pc/laptop kita.  Jika kita sudah menginstal linux pada partisi sendiri dalam konfigurasi dual boot maka tidak akan mudah untuk di uninstall, kita perlu menghapus partisi linux dan memperbaiki windows boot loader.

Cara yang dipakai dalam uninstall juga tergantung bagaimana kita menginstalnya, jika kita menginstal linux sebagai sistem operasi utama kita maka kita perlu menginstal ulang windows agar dapat digunakan kembali.

Jika Menggunakan Wubi

Jika kita telah menginstal ubuntu atau linux mint dengan wubi, kita akan lebih mudah dalam proses uninstsall. Kita hanya perlu booting ke windows -> buka control panel ->Uninstall a program -> pilih ubuntu -> Klik kanan -> Uninstall . Maka program uninstaller akan otomatis menghapus file ubuntu dan dual boot loader dari komputer.

Note: Cara dibawah ini hanya dapat digunakan  jika anda mengisntal ubuntu dengan wubi!

Jika Menginstal Linux pada partisi sendiri

Jika kita telah menginstal linux pada partisi sendiri, maka untuk proses uninstall kita perlu menghapus partisi linux dan membuat partisi baru agar dapat menggunakan kembali partisi linux yang telah dihapus. Selain itu juga kita perlu mengembalikan sistem boot loader agar dapat kembali menggunakan windows.

Menghapus Partisi Linux

Kita gunakan disk management pada windows untuk menghapus partisi linux. Tekan (windows key + R) kemudian kita ketik  diskmgmt.msc maka akan muncul program disk management.

Jika sudah maka kita tinggal klik kanan pada partisi linux dan pilih delete. Jika anda kesulitan dalam mengenali partisi linux, anda cukup ingat bahwa partisi linux tidak mungkin memiliki file system NTFS, biasanya linux memakai file system ext4/ext3.

Setelah terhapus, maka kita perlu membuat partisi baru agar kita bisa menggunakan kembali partisi linux yang telah kita hapus. Klik kanan pada available free space -> pilih extend volume.

Memperbaiki Windows Boot Loader

Meskipun kita telah menghapus linux dari komputer, tapi kita tidak bisa langsung booting ke windows karena komputer kita sudah disetting untuk booting dari partisi linux yang telah kita hapus maka yang akan terjadi ketika kita booting adalah terjadi error. Kita perlu menggunakan windows installer untuk menghapus linux boot loader dari kompi.

Masukan Windows installer dan pilih Repair your computer.

Pilih menu Troubleshoot.

Klik Advanced options , pilih Command Prompt. Jika anda pengguna windows 7 maka akan lebih mudah menemukan tampilan ini jadi tidak usah bingung oke🙂 Intinya kita pilih dialog command prompt.

Setelah muncul tampilan cmd, ketikan ini:

bootrec.exe /fixmbr

Setelah selesai maka kita tinggal restart komputer dan kita dapat booting dari windows dengan normal🙂

sumber

Comments
  1. vladimir says:

    nice post dan sangat membantu….

  2. damara says:

    kalau cara uninstall windows8 nya gimana?

  3. Yogie Share says:

    Lebih teliti dalam unistall ketimbang Install linux. salah dikit booting error dan kena grub nya heheh. salam kenal🙂

Silakan Komentar Jika Kurang Jelas

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s